Manfaat Bengkoang Untuk Asam Urat

Manfaat Bengkoang Untuk Asam Urat

Bagi orang yang sudah berusia lanjut, biasanya sering sekali menderita penyakit asam urat. Asam urat ini sendiri merupakan penyakit yang dihasilkan dari hasil metabolisme purin di dalam tubuh.

Semua makhluk hidup memiliki purin di dalam tubuhnya. Purin ini dihasilkan dari perusakan-perusakan sel dalam tubuh. Konsumsi makanan tertentu yang mengandung banyak purin, akan meningkatkan jumlah purin dalam tubuh dan menimbulkan asam urat.

Baca juga: Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Asam Urat

Untuk mengatasi asam urat ini bisa Anda dapatkan resep yang mudah dan murah yaitu dengan mengkonsumsi buah bengkoang. Manfaat bengkoang untuk asam urat ini memang belum banyak diketahui. Buah berwarna putih ini biasanya hanya kerap dijadikan bahan untuk rujakan. Padahal kandungan yang terdapat di dalamnya juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit tertentu.

Makanan yang Memicu Asam Urat 

Dalam kondis normal, purin yang masuk ke dalam tubuh lewat asupan makanan, akan dikeluarkan melalui feses atau urin. Tetapi, jika kadar purin atau asam urat di dalam tubuh kita terlalu berlebihan, ginjal tidak mampu memproses semua kandungan purin ini dengan baik.

Sehingga purin atau asam urat ini akan terkumpul pada bagian-bagian tertentu tubuh kita seperti pada bagian persendian dan jaringan tubuh. Hal ini dapat menyebabkan rasa nyeri dan bengkak pada area sendi.

Ada beberapa makanan yang banyak mengandung purin dan sangat memicu terjadinya asam urat. Terutama bagi Anda yang sudah berusia lanjut, sebaiknya sedikit mengurangi beberapa makanan penyebab asam urat di bawah ini;

  • Seafood seperti kepiting, cumi, sotong, kerang, ikan sarden, remis, tiram dan ikan teri
  • Ekstrak daging seperti abon dan dendeng
  • Daging sapi, daging kambing, daging kuda
  • Makanan yang dikalengkan seperti kornet sapi, darden
  • Sayuran bayam, jamur kuping, kol, kangkung, daun pepaya dan buncis.


Cara Mengatasi Asam Urat 

Disarankan bagi penderita asam urat untuk memperbanyak konsumsi air putih, untuk membantu pengeluaran purin dari dalam tubuh. Kurangi konsumsi karbohidrat seperti arum manis, gula sirup dan sebagainya, serta rajin olahraga secara teratur.

Disarankan untuk mengkonsumsi jenis buah dan sayuran tertentu yang aman untuk penderita asam urat, seperti mangga, pepaya, seledri, mentimun dan juga buah bengkoang. Untuk mendapatkan manfaat bengkoang untuk asam urat bisa Anda makan secara langsung kapan saja. Buahnya segar dan enak, terutama untuk dinikmati dalam bentuk rujak.

Itulah manfaat bengkoang untuk asam urat beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan mengobati asam urat. Jangan lupa untuk rajin berolahraga dan hindari jenis makanan tertentu yang dapat memicu terjadinya asam urat. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Bengkoang Untuk Asam Urat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel